Manfat kapulaga


manfaat kapulaga    



Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, kapulaga juga mampu menjadi solusi karena peran kapulaga yang dapat meningkatkan sirkulasi darah sekaligus mengurangi darah di dalam tubuh. Dengan menghentikan adanya agregasi platelet, kapulaga juga mampu mencegah terjadinya pembekuan darah. Selain itu, kapulaga juga bermanfaat bagi kesehatan tulang karena kapulaga mengandung zat penting berupa mangan dan vitamin C yang penting untuk wanita yang telah menopause dalam mencegah penyakit tulang osteoporosis.

Kapulaga yang memiliki sifat diuretik juga sangat baik untukkesehatan ginjal dengan mengatasi penyakit-penyakit pada saluran kemih seperti sistitis dan nefritis. Manfaat lainnya, kapulaga penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Dengan melawan bakteri serta patogen lainnya, kapulaga dapat membantu Anda dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Aroma khas tersendiri yang kapulaga miliki, ternyata diyakini dapat menghilangkan stres, dan memberikan kesan rileks pada pikiran Anda.

Manfaat kapulaga lainnya bagi kesehatan, dapat Anda temukan lagi sebagai solusi untuk mengurangi penderitaan dari penyakit asma. Kandungan spasmodic yang dimiliki kapulaga mampu mencegah kemungkinan terjadinya kejang ketika penyakit asma yang diderita kambuh. Hal ini juga disebabkan manfaat kapulaga sebagai analgesik atau penahan rasa sakit yang mampu membantu nyeri otot, nyeri sendi maupun kejang. Selain itu, campuran kapulaga dengan madu alami mampu mengatasi batuk kering tanpa dahak dan tenggorokan yang sakit atau gatal.
Belum selesai sampai di sini, kapulaga masih menyimpan segudang manfaat lainnya. Bagi Anda pecandu kopi, hati-hati karena kafein yang terkandung di dalam kopi perlahan mampu berubah menjadi racun. Untuk itu, konsumsi kapulaga dapat membantu proses detoksifikasi kafein dari dalam tubuh.
Ragam manfaat rempah-rempah yang satu ini masih begitu banyak. Untuk penderita penyakit gigi, mengunyah kapulaga selain dapat membuat napas Anda berubah harum, ternyata juga dapat mencegah bakteri yang membuat busuk gigi Anda.
Kapulaga juga mampu meredakan rasa panas yang terik ketika siang hari. Kunyahlah kapulaga di saat Anda merasa lelah ataupun lemas. Hal ini baik untuk dilakukan demi meredakan panas matahari dari dalam tubuh. Kapulaga mampu menurunkan rasa sakit pada kepala dengan cara mencampurkan kapulaga ke dalam minuman teh atau susu.
Selain fungsinya sebagai bumbu atau rempah-rempah masakan dan solusi kesehatan Anda, kapulaga ternyata juga mampu membantu Anda dalam menjernihkan dan meningkatkan kualitas suara. Sangat disarankan bagi Anda yang sehari-hari dituntut aktivitas maupun pekerjaan untuk berbicara dan tampil di depan umum. Bumbu masakan yang menempati urutan ketiga paling mahal di dunia ini sangat baik untuk menjaga kejernihan suara Anda. Bila Anda juga merupakan seorang pekerja yang bekerja di bawah tekanan, ada baiknya Anda mengonsumsi kapulaga, karena rempah-rempah ini juga mampu menghilangkan depresi dengan cara mengurangi ketegangan otot maupun syaraf, sekaligus memberikan sugesti positif dan menjadikan suasana hati Anda membaik.
Manfaat penting kapulaga yang lain adalah, kapulaga mampu mencegah kanker. Sifat kapulaga yang anti-karsinogen mampu menghambat dengan sangat baik perkembangan sel-sel kanker yang ada pada tubuh manusia. Kapulaga juga memiliki kadar fitokimia seperti IC3 (indol-3-karbinol) dan DIM (diindolilmetan) yang sangat efektif dalam mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker ovarium dan kanker prostat. Selain mengetahi manfaat kaplaga ada baiknya anda juga mengetahui manfaat kumis kucing

Post a Comment