5 Manfaat Ampas Kopi Yang Jarang Diketahui

Kopi adalah minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstrasi biji tanaman kopi. Minuman yang satu ini digunakan sabagai minuman saat santai atau sebagai penghilang rasa kantuk. Kopi banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan diantaranya adalah mampu menstimulasi otak, sistem saraf, membantu Anda untuk bisa berpikir lebih cepat, mencegah gigi berlubang, melindungi jantung dari kanker dan masih banyak lagi. Namun perhatikan, meskipun kopi memiliki manfaat tetapi apabila dikonsumsi berlebihan maka juga tidak baik untuk kesehatan tubuh kita.


Selain bermanfaat untuk kesehatan, ampas kopi juga memiliki manfaat untuk kecantikan loh! Misalnya saja digunakan sebagai scrub yang berfungsi untuk menghaluskan kulit. Jadi, jika Anda habis minum kopi jangan dibuang ampas kopinya tetapi manfaatkan juga untuk perawatan tubuh. Kita dapat menghemat uang sekaligus mendapat kulit yang halus dengan perawatan tubuh dengan bahan alami. Berikut ini beberapa manfaaat ampas kopi :

1. Mencerahkan Kulit Wajah
Jika kulit Anda kusam dan keadaan itu membuat Anda risih  dan tidak percaya diri, lalu Anda ingin memakai berbagai merk sabun tetapi takut jikalau sabun tersebut tidak cocok dengan kulit wajah Anda. Jangan takut, masih banyak bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mencerahkan wajah Anda, seperti ampas kopi yang dapat digunakan sebagai masker wajah. Caranya yaitu dengan mencampurkan ampas kopi dengan bubuk bengkoang dan minyak zaitun, kemudian oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 10-15 menit kemudian bersihkan dengan air bersih.

2. Mengencangkan Kulit Wajah
Ampas kopi juga bermanfaat menjadikan wajah lebih kencang, bersinar dan halus. caranya  mencampur ampas kopi dengan putih telur, aduk sampai rata lalu gunakan sebagai masker. Diamkan sekitar 15-20 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Cara seperti ini tidak hanya mencerahkan wajah tetapi juga dapat menghilangkan kerutan pada wajah sehingga tampak lebih awet muda. Agar mendapat hasil yang maksimal Anda dapat melalukannya 3x dalam seminggu.

3. Mengangkat Sel Kulit Mati
Sel kulit mati yang ada pada wajah sangat mengganggu dan membuat tidak percaya diri. Anda dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada wajah dengan mencampurkan ampas kopi dengan putih telur atau susu cair, gunakan bahan itu sebagai masker dan dapat juga sebagai lulur untuk seluruh tubuh. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih sambil dipijat-pijat perlahan. Setelah itu keringkan dengan handuk yang lembut dan oleskan pelembab wajah.

4. Membuat Rambut Lembut dan Berkilau
Kebanyakan dari kita tahu bahwa conditioner dapat membuat rambut halus dan lembut, bukan hanya itu loh, ampas kopi ternyata juga dimanfaatkan untuk membuat rambut menjadi lembut,halus, berkilau dan juga merangsang pertumbuhan rambut. Cara pertama yang dapat kita lakukan dengan menggosok-gosokkan ampas kopi pada rambut serta dipijat dengan perlahan, kemudian diamkan beberapa menit lalu bilas hingga bersih. Agar mendapat hasil yang maksimal lakukanlah secara rutin.

5. Dapat Mengatasi Selulit
Selulit atau yang sering kita sebut stretch mark sering terdapat pada paha,pantat, atau perut sangat mengganggu sekali, apalagi jika memakai celana pendek, garis-garis putih itu akan tampak sehingga membuat kulit terlihat tidak mulus. Banyak merk yang menawarkan produk untuk menghilangkan stretch mark tetapi harganya lumayan mahal. Daripada membeli bahan yang belum tentu bagus maka lebih baik Anda menggunakan bahan alami seperti ampas kopi. Hanya dengan mencampurkan ampas kopi dengan minyak zaitun kemudian oleskan pada bagian-bagian yang terdapat selulit lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas ddengan  air bersih. Lakukanlah dengan rutin dengan diselingi olahraga yang teratur dan makan-makanan yang bernutrisi agar selulit akan cepat hilang.

Itulah 5 manfaat ampas kopi yang mungkin jarang diketahui oleh kebanyakan orang. So, jangan buang ampas kopi Anda karena memiliki banyak manfaat untuk kecantikan Anda.

Post a Comment