Imbang Lawan Brasil, Argentina Lanjutkan Puasa Kemenangan




Argentina menjamu musuh bebuyutannya Brasil di Estadio Monumental Antonio Vespucio Liberti, Sabtu (14/11/2015) pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Amerika Selatan. Keduanya bermain sama kuat 1-1.
Albiceleste unggul di babak pertama melalui gol Ezequiel Lavezzi. Akan tetapi di babak kedua, Brasil kembali mendapatkan kepercayaan diri. Alhasil Lucas Lima sukses menyamakan kedudukan melalui sepakan kerasnya di dalam kotak penalti. Skor 1-1 akhirnya menutup pertemuan ke-102 kedua negara.
Argentina belum sama sekali meraup kemenangan dari tiga pertandingan yang dilakoni. Sejauh ini Angel Di Maria dan kawan-kawan baru mengumpulkan dua poin hasil dari dua seri dan satu kalah. Sementara Brasil mengumpulkan empat poin hasil dari satu menang, satu seri, satu kalah.
Jalannya Pertandingan
Babak Pertama
Baru enam detik pertandingan berjalan, full back Brasil Filipe Luis melakukan pelanggaran. Argentina yang bertindak sebagai tuan rumah melakukan insiatif serangan sejak menit awal.
Menit kedua Tim Tango memiliki kesempatan emas. Berawal dari umpan ke kotak penalti oleh Roncaglia, Ezequiel Lavezzi yang berdiri cukup bebas menyundul bola ke arah Gonzalo Higuain. Sayang penyerang Napoli tersebut terlalu lama mengontrol bola sehingga para pemain bertahan Brasil mampu mengamankan si kulit bundar.
Tekanan demi tekanan terus dilancarkan oleh Albiceleste. Dari sisi kanan serangan pada menit lima, pemain Paris Saint-Germain Angel Di Maria melepaskan tembakan keras. Beruntung untuk Tim Samba bola masih melebar.
Brasil perlahan coba menyusun serangan setelah dibombardir kurang lebih di enam menit pertama. Willian dan Luis Gustavo bergantian menguasai laju bola di lapangan tengah. Meski demikian belum ada serangan yang berbahaya ke gawang Sergio Romero.
Memasuki menit 23 Argentina kembali mendapatkan peluang. Kali ini sepakan keras Ever Banega mengancam gawang Brasil yang dikawal Alisson. Beruntung untuk tim tamu sepakannya masih melambung.
Di Maria jadi motor serangan Argentina di babak pertama. Pergerakannya beberapa kali membuat kocar-kacir lini tengah serta lini pertahanan Brasil. Tak jarang ia harus dilanggar dengan keras untuk menghentikan pergerakannya.
Gol untuk tuan rumah! Pada menit 33 Argentina memecah kebuntuan melalui Lavezzi. Berawal dari Di Maria yang memberikan umpan kepada Higuain, dengan leluasa El Pipita memberikan umpan yang diteruskan dengan sepakan mendatar menembus gawang Brasil. Skor 1-0.
Brasil baru mendapatkan peluang emas pada menit 40. Melalui sepakan bebas Willian, David Luiz mampu menggapai bola dan melakukan sundulan keras ke arah gawang Argentina. Sayang, sundulannya masih melambung tipis. Babak pertama berakhir untuk keunggulan Argentina 1-0.
Babak Kedua
Argentina langsung tancap gas di babak kedua. Ever Banega hampir saja menggandakan keunggulan andai tendangannya dari sisi kanan pertahanan Brasil tak membentur tiang gawang.
Tak seperti babak pertama, Brasil kini lebih berani menyerang. Andalan Tim Samba, Neymar, menjadi tumpuan serangan mereka. Pemain yang membela Barcelona tersebut berulang kali melakukan percobaan serangan yang cukup membahayakan gawang Romero.
Gol untuk Brasil! Penantian tim tamu akhirnya terbayar. Lucas Lima mencetak gol penyama kedudukan pada menit 59. Berawal dari bola rebound hasil sundulan Douglas Costa, Lima yang berada dalam posisi ideal langsung melepaskan tendangan first time. Skor 1-1.
Argentina berbalik dalam tekanan di babak kedua. Serangan yang dibangun oleh Di Maria tak setajam dan mengancam seperti di babak pertama. Brasil sebaliknya semakin percaya diri semenjak gol penyama kedudukan yang dicetak Lima.
Kartu merah untuk David Luiz! Pemain Paris Saint-Germain diusir wasit setelah melanggar keras Biglia. Kedua kaki Luiz terlihat menginjak kaki Biglia saat hendak menghindar dalam perebutan bola. Hingga akhir pertandingan skor tak berubah 1-1.
Susunan Pemain
ARGENTINA (4-3-3): Romero; Roncaglia, Otamendi, Funes Mori, Rojo; Mascherano, Biglia, Banega (Lamela 81’); Di Maria, Lavezzi (Nicolas Gaitan 70’), Higuain (Dybala 81’).
BRASIL (4-3-3): Alisson; Alves, Miranda, Luiz, Luis; Elias, Gustavo, Lucas Lima (Renato Augusto 63’); Willian, Neymar, Oliveira (Douglas Costa 56’).

Post a Comment