Prancis Libas Jerman di Paris


Timnas Prancis menghadapi Jerman dalam laga uji coba di Stade des France, Sabtu (14/11/2015) dini hari WIB. Tampil menekan sejak menit awal, tim berjuluk Les Bleus itu mampu menyudahi pertandingan dengan keunggulan 2-0 atas tamunya tersebut.
Hasil itu lantas membuat tim asuhan Didier Deschamps itu memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka. Sementara untuk Jerman, hasil ini jadi kekalahan kedua dalam lima pertandingan terakhir yang sudah mereka lalui.
Jalannya Pertandingan
Babak Pertama
Baru 10 menit babak pertama berjalan, Prancis sudah memberikan tekanan kepada lini pertahanan Jerman via aksi Paul Pogba. Akan tetapi, pergerakan gelandang Juventus itu belum mampu menembus rapatnya pertahanan Jerman yang dikawal Mats Hummels dan Jarome Boateng.
Hanya berjarak tiga menit, giliran Oliver Giroud yang mengancam gawang Bernd Leno. Namun, sepakan bomber Arsenal tersebut usai memanfaatkan sodoran Anthony Martial masih mampu dihalau oleh Sami Khedira.
Memasuki setengah jam jalannya pertandingan, Jerman perlahan tapi pasti mulai keluar dari tekanan Prancis. Alhasil, dua peluang emas diraih Jerman melalui Khedira dan Mario Gomez. Beruntung bagi tim tuan rumah, dua kans itu masih tak mampu membobol gawang Hugo Lloris.
Pada menit 42, Gomes kembali hampir membuat publik Prancis terdiam melalui aksinya. Mendapatkan ruang tembak di dalam kotak penalti Prancis, mantan penyerang Fiorentina itu lalu melepaskan sepakan keras. Tapi, sepakannya belum menemui sasaran.
Giroud! Akhirnya mampu membuka keunggulan untuk Prancis di penghujung babak pertama. Mendapatkan operan dari Martial, Giroud menyambutnya dengan sepakan kaki keras yang meluncur deras ke dalam gawang Manuel Neuer. Prancis unggul 1-0 Jerman.
Babak Kedua
Laga paruh kedua baru berlangsung enam menit, Giroud hampir kembali mencatatkan namanya di papan skor pada laga ini. Memanfaatkan umpan dari Antoine Griezmann, Giroud lalu melepaskan sepakan yang masuk ke dalam gawang Jerman. Namun, gol itu dianulis hakim garis lantaran Giroud sudah berada di posisi offside.
Jerman hampir menyamakan kedudukan jadi 1-1 andai sepakan Matthias Ginter mampu membobol gawang Prancis. Memanfaatkan sapuan tak sempurna dari Laurent Koscielny, bek Borussia Dortmund itu lalu melepaskan sepakan first time, namun tembakan belum tepat sasaran.
Pada menit 63, Pogba yang berdiri bebas tanpa kawalan hampir membawa Prancis unggul 2-0 atas Jerman di laga ini dengan sepakan kerasnya. Akan tetapi, upaya mantan pemain Manchester United itu mampu mampu dihalau oleh Neuer.
Pogba kembali gagal memanfaatkan momentum untuk membobol gawang Jerman. Berada di dalam kotak penalti dan hanya tinggal berhadapan dengan Neuer, ia justru kehilangan kontrol terhadap bola, yang akhirnya mampu dibuang oleh Mustafi.
Pada menit 72, Jerman hampir saja membuat skor laga berubah jadi 1-1 andaikan kans Leroy Sane mampu dimaksimalkan olehnya. Sukses menerima umpan silang dari Schweinsteiger, ia lalu merangsek masuk ke dalam pertahanan Prancis. Beruntung, Varane mampu merebut bola dari kaki Sane.
Memasuki lima menit jelang bubaran, Jean-Pierre Gignac mampu membawa Prancis menambah keunggulan jadi 2-0 atas Jerman. Mendapatkan umpan matang dari Blaise Matuidi, mantan pemain Olympique Marseille itu tanpa kesulitan memasukan bola ke dalam gawang Neuer.
Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya laga, tak ada gol tambahan yang tercipta dari kedua kesebelasan. Tim tuan rumah, Prancis sukses menyudahi pertandingan dengan keunggulan 2-0 tamunya, Jerman.
Susunan Pemain
Prancis (4-3-3): Lloris; Sagna, Varane, Koscielny, Evra; Diarra (Schneiderlin 80’), Matuidi (Cabaye 86’), Pogba; Griezmann (Ben Arfa 80’), Giroud (Gignac 68’), Martial (Coman 68’).
Pelatih: Didier Deschamps
Jerman (4-3-3): Neuer; Ginter (Volland 79’), Boateng (Mustafi 46’), Hummels, Hector (Can 34’); Khedira (Gundogan 61’), Rudiger, Schweinsteiger; Draxler (Sane 61’), Gomez, Muller.

Post a Comment